Fungsi Screw Conveyor Pada Pengolahan Kelapa Sawit

Fungsi Screw Conveyor Pada Pengolahan Kelapa Sawit

Pengolahan kelapa sawit merupakan industri yang memiliki pangsa pasar sangat besar untuk skala nasional maupun internasional. Pada prakteknya, industri kelapa sawit tersebut membutuhkan mesin pengolahan yang akan memfasilitasi berbagai tahapan pembuatan minyak CPO maupun PKO. Beberapa mesin-mesin itu antara lain yaitu hoist crane, idler bollard, stasiun sterilizer, dan tentu saja mesin screw conveyor

Perlu diketahui bahwa, hampir di seluruh bidang industri transportasi produk dari satu tempat ke tempat lain menjadi salah satu komponen vital. Mesin screw conveyor inilah yang berperan sebagai suatu mekanisme yang bagus dalam transportasi barang di pabrik pengolahan kelapa sawit. 

Apa fungsi screw conveyor? 

Screw conveyor memiliki fungsi untuk memindahkan atau mentransfer buah maupun ampas kelapa sawit. Alat ini secara umum berupa baja yang memiliki ulir dan arah putar searah jarum jam. Dimana antara ulir satu dengan yang lainnya mempunyai jarak yang sama sehingga bentuknya mirip sekrup. Kelebihan penggunaan screw conveyor dibandingkan dengan jenis conveyor lain yaitu dapat digunakan sebagai pencampur bahan disamping fungsi utamanya sebagai pemindah barang. Selain itu, juga dapat mengeluarkan material pada beberapa titik yang dikehendaki. 

Komponen-komponen screw conveyor

Adapun komponen-komponen penting yang berperan dalam kinerja mesin screw conveyor adalah sebagai berikut:

  • Through (U) atau palung. Berfungsi sebagai wadah atau rumah yang menyertakan bahan dan disampaikan dengan bagian-bagian yang berputar.
  • Hanger bearing. Berfungsi memberikan dukungan, mempertahankan alignment dan bertindak sebagai permukaan bantalan.
  • Kopling dan poros. Sebagai penghubung dan pengirim motion untuk screw conveyor berikutnya.
  • Screw press. Bagian yang berputar dengan halus yang memutar materia ke samping di dalam palung atau troughs (U).

Itulah fungsi screw conveyor pada pengolahan kelapa sawit beserta sedikit penjelasan mengenai komponennya. Jika kebetulan Anda memiliki mesin ini dan sedang membutuhkan spare part/ komponen baru sebab yang lama perlu pergantian. Disinilah tempat paling tepat untuk mendapatkan berbagai spare part mesin pengolah kelapa sawit! CV. Aneka Metal Industri melayani fabrikasi segala sparepart pengolahan kelapa sawit mencakup bushing, hanger bearing, housing bearing, kopling, rumah screw, screw, cone, dll sesuai dengan kebutuhan Anda.

Spare part pengolah kelapa sawit kami terbuat dari material cor logam pilihan mengikuti standar kualitas yang sesuai dunia industri. Sehingga telah terjamin bahwa setiap komponen yang kami buat nantinya dapat memberikan hasil performa kinerja yang maksimal. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk, Anda bisa langsung menghubungi kami sekarang juga!

Comments are disabled.