Manhole Cover dan Frame Berkualitas (Cast Iron)

manhole cover frame

Manhole Cover dan Frame

Manhole Cover merupakan penutup manhole (lubang yang cukup dimasuki manusia) yang berfungsi untuk mencegah benda apapun terjatuh ke dalam lubang tersebut. Satu set manhole cover terdiri dari cover dan frameCover merupakan bagian penutup lubang, sedangkan frame merupakan tempat cover diletakkan. Bentuk cover dan frame beragam, tetapi yang paling umum adalah manhole cover berbentuk lingkaran. Biasanya manhole cover berada di kota yang sudah memiliki saluran drainase bawah tanah. Manhole cover bisa terletak di trotoar atau di jalan raya tergantung letak lubangnya. Gambar di bawah ini adalah contoh manhole cover.

Manhole Cover Frame Cast Iron Berkualitas

Gambar 1 : Manhole cover posisi tertutup (kiri) dan manhole cover posisi terbuka (kanan)

Manhole cover pada umumnya terbuat dari besi cor (cast iron), beton, atau kombinasi keduanya yang menjadikannya kuat, berat, dan kokoh meskipun harganya terjangkau. Bobot manhole kurang lebih 100 kg tergantung bentuk, material, dan kapasitas beban. Tidak menutup kemungkinan bobot yang lebih kecil untuk manhole dengan kapasitas lebih rendah.

Segala jenis kendaraan, baik itu mobil, truk, bus, dan sepeda motor pasti akan sering melintasi permukaan manhole cover di jalanan. Kendaraan-kendaraan yang melintas tersebut menimbulkan beban pada manhole cover. Karenanya, manhole cover harus memiliki kekuatan dan kapasitas yang cukup dalam menahan beban kendaraan agar tidak terperosok. Biasanya manhole cover untuk jalan raya berkapasitas 25 ton seperti pada Gambar 1. Hal yang mempengaruhi kekuatan dan kapasitas manhole cover adalah desain, kualitas bahan baku/material, dan kualitas bahan pendukung produksi.

Manhole Cover Berkualitas

Dalam hal manhole cover, CV. Aneka Metal Industri selalu siap memenuhi kebutuhan manhole cover nasional. Selama ini CV. Aneka Metal Industri telah memproduksi ribuan manhole cover yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. CV. Aneka Metal Industri memegang prinsip bahwa kualitas adalah hal yang paling utama, sehingga manhole cover akan melalui quality control yang ketat. Salah satunya dengan melakukan kontrol uji tekan untuk memastikan kapasitas manhole cover. Berikut ini pada Gambar 2 adalah dokumentasi ketika pengujian tekan berlangsung.

uji tekan manhole cover

Gambar 2 Uji Tekan Manhole Cover CV. Aneka Metal Industri

Begitulah penjelasan mengenai manhole cover yang dapat kami sampaikan. Selanjutnya untuk produk-produk yang telah kami, CV. Aneka Metal Industri, produksi dapat Anda klik pada tautan ini. Untuk info produk dan pemesanan silahkan hubungi kontak pada web ini.

Comments are disabled.